Rabu, 14 September 2016

HAKEKAT PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PENDIDIK SEBAGAI AGEN PEMBELAJARAN



Nama     :    Hari Purwati
NIM      :    3301414005                                             MKDK Psikologi Pendidikan
Jurusan  :   PKn                                              

RINGKASAN :
BAB I
HAKEKAT PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PENDIDIK SEBAGAI AGEN PEMBELAJARAN

            Psikologi pendidikan merupakan kajian tentangg manusia belajar dilatar pendidikan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pembelajaran, dan psikologi sosial teantang sekolah sebagai organisasi. Peranan psikologi pendidikan dalam proses pendidikan yaitu
1.      Tujuan Pendidikan
Para pakar psikologi pendidikan menyatakan bahwa tujuan pembelajaran hendaknya menyatakan apa yang peserta didik mampu lakukan dan apa yang akan peserta didik itu lakukan jika mereka diberikan kesempatan.
2.      Karakteristik Peserta Didik
Psikologi pendidikan memberikan konstribusi dengan cara membantu pendidik memperhatikan karakteristik dan perilaku peserta didik sebelum pembelajaran dimulai.
3.      Proses Belajar
Para pakar psikologi percaya bahwa berbagai materi pembelajaran yang dipelajari oleh peserta didik mempersyaratkan adanya proses belajar yang berbeda.
4.      Strategi Pembelajaran
 Para pakar psikologi pendidikan menyatakan memilih strategi pembelajaran adalah sama pentingnya dengan unsur-unsur pembelajaran lainnya.
5.      Evaluasi Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran pendidik melakukan penilaian terhadap kegiatan belajar yang dicapai oleh peserta didik. Berkenaan dengan evaluasi psikologi pendidikan memberikan kontribusi tentang perumusan instrumen evaluasi, pelaksaan ujian, analisis hasil evaluasi dan penafsiran hasil evaluasi.

Pendidik Sebagai Agen Pembelajaran
            Pendidik sebagai penyandang jabatan profesional harus disiapkan melaui program pendidikan yang relatif panjang dan dirancang berdasarkan standar kompetensi pendidik. Standar kompetensi pendidik antara lain meliputi
1.      Kompetensi Paedagogik
Kompetensi yang mempunyai kemampuan mengelola pembelajaran pserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik.
2.      Kompetensi Kepribadian
Kompetensi yang mempunyai kemampuan yang berkaitan dengan pribadi seorang pendidik seperti berkribadian mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi pesera didik dan berakhlak mulia.
3.      Kompetensi Profesional
Kompetensi yang mempunyai kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam serta memenuhi standart kompetensi yang ditetapkan dalam standart nasional.
4.      Kompetensi Sosial
Kompetensi yang mempunyai kemampuan berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan semua kalangan termasuk masyarakat sekitar.

Pengembangan kompetensi sosial dapat dilakukan melalui metode pembelajaran dikelas seperti
1.      Scaffolding  adalah teknik mengubah dukungan selama pembelajaran.
2.      Pembelajaran Kooperatif adalah peserta didik bekerja sama dalam kelompok kecil, untuk saling membantu dalam belajar.
3.      Pembelajaran Resiprokal adalah pengajaran yang mensyaratkan peserta didik mendiskusikan bagian yang kompleks, berkolaborasi serta berbagi keahlian.


ANALISIS :

A.     Kelebihan : penjelasan materi dalam buku MKDK Psikologi Pendidikan telah dijelaskan mengenahi pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli dan juga telah dijelakan dengan jelas mengenahi manfaat psikologi pendidikan dan kompetensi pendidik seorang pendidik yang harus dikuasai.

B.     Kekurangan : penjelasan materi dalam buku MKDK Psikologi Pendidikan tidak dijelaskan tentang menjadi seorang guru yang baik dan riset dalam psikologi pendidikan bagi guru.

C.    Solusi : karena penjelasan materi dalam buku MKDK Psikologi Pendidikan tidak dijelaskan mengenahi menjadi seorang guru yang baik dan riset dalam psikologi pendidikan bagi guru, maka ringkasan dalam catatan ini dapat ditambahkan dengan materi yang belum dijelaskan, yaitu sebagai berikut :
1.      Apa yang membuat seseorang menjadi guru yang baik?
a.       Mengetahui pokok permasalahan (tetapi juga harus mempunyai ketrampilan pengajaran).
Guru yang efektif bukan hanya mengetahui pokok permasalahan mereka, tetapi mereka juga dapat mengkomunikasikan pengetahuan mereka kepada siswa.

b.      Menguasai ketrampilan mengajar.
Yang membuat seseorang menjadi guru yang baik adalah kemapuan melakukan tugas yang terdapat dalam pengajaran yang efektif (Burden & Byrd, 2003). Kehangatan, antusiasme, dan kepedulian sangat berperan penting sebagaimana halnya dengan pengetahuan tentang pokok permasalahan. Tetapi keberhasilan penyelesaian semua tugas mengajar itulah yang menghasilkan keefektifan pengajaran (Shulman, 2000).

c.       Guru yang Intensional (Guru yang bertujuan)
Guru yang intensional atau guru yang memiliki tujuan adalah orang-orang yang terus menerus memikirkan hasil yang mereka inginkan bagi siswa mereka dan bagaimana masing-masing keputusan yang mereka ambil membawa anak-anak menuju hasil tersebut. Guru yang intensional tahu bahwa pembelajaran maksimal tidak terjadi secara kebetulan.


2.      Peran Riset Dalam Psikologi Pendidikan.
Maksud riset dalam psikologi pendidikan adalah untuk menguji berbagai teori yang menuntun tinadakan para guru dan orang-orang lain yang terlibat dalam pendidikan. Riset dalam psikologi pendidikan terkait langsung dengan pengambilan keputusan yang harus diambil dalam memecahkan masalah. Metode riset yang digunakan dalam psiklogi pendidikan adalah dengan eksperimen, baik didalam laboratorium, lapangan yang diacak atau kasus tunggal.


D.  Kesimpulan : penjelasan materi dalam buku MKDK Psikologi Pendidikan telah menjelaskan bab 1 dengan baik apalagi pada bagian pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli, manfaat psikologi pendidikan dan kompetensi pendidik seorang pendidik yang harus dikuasai, walau masih ada beberapa materi yang tidak dijelaskan yaitu menjadi seorang guru yang baik dan riset dalam psikologi pendidikan bagi guru, tetapi dengan membaca buku lain yaitu buku Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik karya Robert E. Slavin dapat menutup kekurangan tersebut. Namun secara keseluruhan penjelasan materi pada bab ini sudah bagus serta apresasi yang sebesar-besarnya untuk penulis karena telah bekerja keras dalam menulis materi tersebut.

Referensi :
Rifai RC, Achmad dan Anni, Catharina Tri. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang : Pusat Pengembangan MKU-MKDK LP-3 UNNES.
Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi 3 buku 1. Jakarta : Salemba Humanika.
Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik  Edisi Kedelapan jilid 1.  Jakarta : Indeks.

1 komentar:

  1. A Look at Merkur's Top Merkur's New Merkur 34C Safety Razor
    The Merkur 34C is the traditional safety razor. The Merkur ラッキーニッキー 34C is the perfect example for true vintage, 메리트카지노 but also the best for クイーンカジノ the novice who is looking for a

    BalasHapus