Nama
: Hari Purwati
NIM : 3301414005 MKDK Psikologi Pendidikan
Jurusan : PKn
NIM : 3301414005 MKDK Psikologi Pendidikan
Jurusan : PKn
RINGKASAN
:
BAB I
HAKEKAT PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN
PENDIDIK SEBAGAI AGEN PEMBELAJARAN
Psikologi pendidikan merupakan
kajian tentangg manusia belajar dilatar pendidikan, efektivitas intervensi
pendidikan, psikologi pembelajaran, dan psikologi sosial teantang sekolah
sebagai organisasi. Peranan psikologi pendidikan dalam proses pendidikan yaitu
1. Tujuan
Pendidikan
Para
pakar psikologi pendidikan menyatakan bahwa tujuan pembelajaran hendaknya
menyatakan apa yang peserta didik mampu lakukan dan apa yang akan peserta didik
itu lakukan jika mereka diberikan kesempatan.
2. Karakteristik
Peserta Didik
Psikologi
pendidikan memberikan konstribusi dengan cara membantu pendidik memperhatikan
karakteristik dan perilaku peserta didik sebelum pembelajaran dimulai.
3. Proses
Belajar
Para
pakar psikologi percaya bahwa berbagai materi pembelajaran yang dipelajari oleh
peserta didik mempersyaratkan adanya proses belajar yang berbeda.
4. Strategi
Pembelajaran
Para pakar psikologi pendidikan menyatakan
memilih strategi pembelajaran adalah sama pentingnya dengan unsur-unsur
pembelajaran lainnya.
5. Evaluasi
Pembelajaran
Dalam
proses pembelajaran pendidik melakukan penilaian terhadap kegiatan belajar yang
dicapai oleh peserta didik. Berkenaan dengan evaluasi psikologi pendidikan
memberikan kontribusi tentang perumusan instrumen evaluasi, pelaksaan ujian,
analisis hasil evaluasi dan penafsiran hasil evaluasi.
Pendidik Sebagai Agen Pembelajaran
Pendidik
sebagai penyandang jabatan profesional harus disiapkan melaui program
pendidikan yang relatif panjang dan dirancang berdasarkan standar kompetensi
pendidik. Standar kompetensi pendidik antara lain meliputi
1. Kompetensi
Paedagogik
Kompetensi yang
mempunyai kemampuan mengelola pembelajaran pserta didik yang meliputi pemahaman
terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksaan pembelajaran, evaluasi hasil
belajar dan pengembangan peserta didik.
2. Kompetensi
Kepribadian
Kompetensi yang
mempunyai kemampuan yang berkaitan dengan pribadi seorang pendidik seperti
berkribadian mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi
pesera didik dan berakhlak mulia.
3. Kompetensi
Profesional
Kompetensi yang
mempunyai kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam
serta memenuhi standart kompetensi yang ditetapkan dalam standart nasional.
4. Kompetensi
Sosial
Kompetensi yang
mempunyai kemampuan berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan semua
kalangan termasuk masyarakat sekitar.
Pengembangan
kompetensi sosial dapat dilakukan melalui metode pembelajaran dikelas seperti
1. Scaffolding adalah teknik mengubah dukungan selama
pembelajaran.
2. Pembelajaran
Kooperatif adalah peserta didik bekerja sama dalam kelompok kecil, untuk saling
membantu dalam belajar.
3. Pembelajaran
Resiprokal adalah pengajaran yang mensyaratkan peserta didik mendiskusikan
bagian yang kompleks, berkolaborasi serta berbagi keahlian.
ANALISIS
:
A.
Kelebihan : penjelasan
materi dalam buku MKDK Psikologi Pendidikan telah dijelaskan mengenahi
pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli dan juga telah dijelakan
dengan jelas mengenahi manfaat psikologi pendidikan dan kompetensi pendidik seorang
pendidik yang harus dikuasai.
B.
Kekurangan
:
penjelasan materi dalam buku MKDK Psikologi Pendidikan tidak dijelaskan tentang
menjadi seorang guru yang baik dan riset dalam psikologi pendidikan bagi guru.
C.
Solusi
:
karena penjelasan materi dalam buku MKDK Psikologi Pendidikan tidak dijelaskan
mengenahi menjadi seorang guru yang baik dan riset dalam psikologi pendidikan
bagi guru, maka ringkasan dalam catatan ini dapat ditambahkan dengan materi
yang belum dijelaskan, yaitu sebagai berikut :
1. Apa
yang membuat seseorang menjadi guru yang baik?
a. Mengetahui
pokok permasalahan (tetapi juga harus mempunyai ketrampilan pengajaran).
Guru
yang efektif bukan hanya mengetahui pokok permasalahan mereka, tetapi mereka
juga dapat mengkomunikasikan pengetahuan mereka kepada siswa.
b. Menguasai
ketrampilan mengajar.
Yang
membuat seseorang menjadi guru yang baik adalah kemapuan melakukan tugas yang
terdapat dalam pengajaran yang efektif (Burden & Byrd, 2003). Kehangatan,
antusiasme, dan kepedulian sangat berperan penting sebagaimana halnya dengan
pengetahuan tentang pokok permasalahan. Tetapi keberhasilan penyelesaian semua
tugas mengajar itulah yang menghasilkan keefektifan pengajaran (Shulman, 2000).
c. Guru
yang Intensional (Guru yang bertujuan)
Guru
yang intensional atau guru yang memiliki tujuan adalah orang-orang yang terus
menerus memikirkan hasil yang mereka inginkan bagi siswa mereka dan bagaimana
masing-masing keputusan yang mereka ambil membawa anak-anak menuju hasil
tersebut. Guru yang intensional tahu bahwa pembelajaran maksimal tidak terjadi
secara kebetulan.
2. Peran
Riset Dalam Psikologi Pendidikan.
Maksud riset dalam
psikologi pendidikan adalah untuk menguji berbagai teori yang menuntun
tinadakan para guru dan orang-orang lain yang terlibat dalam pendidikan. Riset
dalam psikologi pendidikan terkait langsung dengan pengambilan keputusan yang
harus diambil dalam memecahkan masalah. Metode riset yang digunakan dalam
psiklogi pendidikan adalah dengan eksperimen, baik didalam laboratorium,
lapangan yang diacak atau kasus tunggal.
D. Kesimpulan :
penjelasan materi dalam buku MKDK Psikologi
Pendidikan telah menjelaskan bab 1 dengan baik apalagi pada bagian
pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli, manfaat psikologi pendidikan
dan kompetensi pendidik seorang pendidik yang harus dikuasai, walau masih ada
beberapa materi yang tidak dijelaskan yaitu menjadi seorang guru yang baik dan
riset dalam psikologi pendidikan bagi guru, tetapi dengan membaca buku lain
yaitu buku Psikologi Pendidikan Teori dan
Praktik karya Robert E. Slavin dapat menutup kekurangan tersebut. Namun
secara keseluruhan penjelasan materi pada bab ini sudah bagus serta apresasi yang sebesar-besarnya
untuk penulis karena telah bekerja keras dalam menulis materi tersebut.
Referensi
:
Rifai RC, Achmad dan Anni, Catharina Tri. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang : Pusat Pengembangan MKU-MKDK LP-3
UNNES.
Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi 3 buku 1.
Jakarta : Salemba Humanika.
Slavin, Robert E. 2008. Psikologi
Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi Kedelapan jilid 1. Jakarta : Indeks.
A Look at Merkur's Top Merkur's New Merkur 34C Safety Razor
BalasHapusThe Merkur 34C is the traditional safety razor. The Merkur ラッキーニッキー 34C is the perfect example for true vintage, 메리트카지노 but also the best for クイーンカジノ the novice who is looking for a